Selasa, 20 Februari 2018

1. Teks Prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan suatu hal baik melakukan suatu kegiatan tertentu maupun membuat sesuatu yang disajikan secara berurutan.
Kata Kunci :
>teks
>langkah-langkah
>kegiatan

Artinya, teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah atau petunjuk untuk melakukan suatu kegiatan secara terinci atau berurutan.

2. Teks Eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya suatu kejadian atau fenomena alam atau sosial yang timbul berdasarkan adanya sebab dan akibat.
Kata Kunci :
>proses
>kejadian
>sebab
>akibat

Artinya, teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses bagaimana dan penyebab suatu kejadian atau fenomena dapat terjadi dan akibat yang timbul karena fenomena tersebut.

3. Ceramah merupakan pidato yang bertujuan memberikan nasihat dan petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar.
Kata Kunci :
>pidato
>nasihat
>audiensi
>pendengar

Artinya, pidato merupakan suatu kegiatan berpidato didepan audiensi sebagai pendengar untuk memberikan nasihat atau petunjuk.

4. Nilai -nilai kehidupan merupakan nilai yang diambil dari cerminan kepribadian seseorang, masyarakat, atau bangsa yang menjadi pedoman dalam kehidupan manusia.
Kata Kunci :
>cerminan
>pedoman
>kehidupan
>manusia

Artinya, nilai nilai kehidupan merupakan nilai-nilai yang berasal dari cerminan seseorang masyarakat atau bangsa yang menjadi pedoman dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

5. Proposal adalah suatu rancangan kegiatan yang berlangsung dalam bentuk tulisan dengan sistematis dan terperinci, yang dibuat untuk mendapatkan persetujuan pihak lain.
Kata Kunci :
>rancangan
>kegiatan
>sistematis
>persetujuan
>pihak lain

Artinya, proposal merupakan suatu rancangan kagiatan yang dibuat secara sistematis untuk mendapatkan persetujuan dari pihak lain.

6. Karya Ilmiah merupakan laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan.
Kata Kunci :
>laporan
>tertulis
>hasil
>penelitian

Artinya, karya ilmiah merupakan laporan hasil penelitian seseorang atau tim yang dikajikan secara tertulis .

7. Resensi merupakan ulasan kembali sebuah karya baik berupa buku, film ataupun album yang terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.
Kata Kunci :
>ulasan
>karya
>kelebihan
>kekurangan
>informasi

Artinya, resensi merupakan suatu kegiatan mengulas kembali tentang kelebihan dan kekurangan serta informasi yang didapat dari suatu karya.

8. Drama merupakan suatu karya sastra atau cerita yang ditulis dalam bentuk dialog untuk dipertunjukan oleh aktor diatas panggung.
Kata Kunci :
>karya sastra
>ditulis
>dialog
>dipertunjukan
Artinya, drama merupakan suatu pertunjukan berdasarkan cerita atau karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog yang diperankan oleh aktor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Teks Prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan suatu hal baik melakukan suatu kegiat...